Monday, December 17, 2018

Festival Kampung Wisata Yogyakarta




Baca sampai habis biar dapat manfaatnya!


Halo Semuanya kembali lagi bersama saya hari ini saya akan membahas tentang wisata yang ada di Yogyakarta yaitu Festival Kampung Wisata Yogyakarta, pasti banyak dari kalian yang penasaran kan? Apa sih Kampung Festival itu? ada apa aja sih disana? Nah oleh karena itu Ghadu Cawa mau membahasnya.


Festival Kampung Wisata Yogyakarta diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Yogyakarta, festival kampung wisata ini dilaksanakan pada 21 Juli sampai 22 Juli di halaman XT Square. Festival ini diikuti oleh 16 kampung wisata saja, salah satunya adalah kampung Sosromenduran, Kadipaten, Rejowinangun, Umbulharjo, Sayidan padahal kota yogyakarta memiliki kampung wisata sebanyak 17 kampung wisata.

Festival Kampung Wisata Yogyakarta ini merupakan festival yang kedua yang telah diselenggarakan oleh dinas pariwisata yogyakarta, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pengunjung wisata ke Yogyakarta karena festival kampung wisata ini merupakan destinasi wisata tahunan yang ada di kota yogyakarta yang banyak memamerkan kesenian serta kerajinan tradisional khas Jawa.


Ditenda kampung wisata tahunan banyak memamerkan berbagai macam kesenian dan produk produk handcraft atau kerajinan tangan dan ada produk yang paling diandalkan disana adalah Kain Jumputan, kain jumputan ini berasal dari beberapa kelompok Umbulharjo yang memiliki keunikan yaitu dimix atau digabungkan dengan kesenian Jatilan khas jawa. Selain kesenian dan produk kerajinan tangan disana juga menyediakan berbagai macam makanan tradisional yang ada di Yogyakarta.

Disana para wisatawan tidak hanya melihat hasil kerajinan dan kesenian tradisional saja melainkan para wisatawan dapat merasakan budaya secara nyata dengan para penduduk asli sana, keramahan para penduduk menyejukan hati kita serta gotong royong yang masih sangat terlihat disana menambah rasa cinta terhadap kearifan nusantara.


Disana kita juga bisa menikamati kesenian khas Yogyakarta atau Jawa yaitu Jatilan dan Jaranan yang dimainkan oleh para anak muda yogyakarta, indah sekali tarian yang dibawakan oleh penari jaranan selaras dengan musik tradisional.

Nah itulah keseruan yang ada di Festival Kampung Tahunan Yogyakarta.